Tak Cuma PBNU, PKB Juga Berharap Gus Dur Dapat Gelar Pahlawan





Jakarta – PBNU berharap pemerintah mengapresiasi Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dengan memberi gelar Pahlawan Nasional. PKB pun memiliki harapan yang sama.

“Gus Dur sebagai Bapak Bangsa sudah sangat layak untuk segera dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional,” ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan kepada detikcom, Kamis (10/11/2016).

Menurut Daniel, PKB sudah setiap tahun mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan gelar pahlawan untuk Gus Dur. Itu sudah dilakukan berkali-kali.

“Karena itu menjadi aspirasi luas masyarakat se-nusantara yang selalu diterima PKB,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Gus Dur yang dikenal sebagai tokoh pluralisme itu dikatakan Daniel banyak dicintai masyarakat. Peran dan jasanya untuk negara pun, kata Daniel, tak bisa dianggap enteng.

“Selain peran sejarah Gus Dur yang besar untuk bangsa ini, Gus Dur juga melekat dan dicintai di hati masyarakat luas Indonesia,” ucap dia.

“Banyak yang merasa rindu dengan sosok Gus Dur,” imbuh Daniel.

Seperti diketahui, pemerintah baru saja memberikan gelar pahlawan nasional kepada KH As’ad Syamsul Arifin sebagai tokoh yang berperan dalam berdirinya Nahdlatul Ulama dan ikut memperjuangkan merebut kemerdekaan Indonesia. Setelah KH As’ad, PBNU juga berharap pemberian gelar pahlawan nasional diberikan untuk Gus Dur.

“Juga yang kami usulkan Gus Dur yang bisa dicatat sebagai pahlawan nasional,” kata Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Gaishal Zaini, Rabu. (9/11).

Ketua DPR Ade Komarudin (Akom) juga menyatakan hal yang sama. Politisi Golkar itu meminta agar pemerintah memberi gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur dan Presiden Soeharto.

“Kalau saya pribadi inginnya (Soeharto jadi pahlawan nasional, -red), apa sih susahnya? Gus Dur juga,” tutur Akom, Kamis (10/11).

(elz/bag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bent Arfa [admin Jualcytotecmisoprostol.com]