Donald Trump Jadi Presiden, Pabrik iPhone Bisa Dipindah ke AS

Sejauh ini Apple memproduksi perangkat garapannya di manufaktur Cina, seperti Foxconn. Kini berdasarkan info terbaru ada kemungkinan Apple akan memindahkan produksinya kembali ke Amerika Serikat.

Kabar itu berasal dari lansiran media Nikkei, (18/11), yang menyebutkan bahwa Apple telah melakukan negosiasi dan pertemuan dengan pihak pemasok komponen Apple. Perusahaan asal AS ini pun menanyakan pendapat pemasok asal Cina bilamana produksi iPhone dipindahkan ke negeri Paman Sam.

Rencana Apple itu dipicu oleh terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS. Menurut Apple, pada kepemimpinan Trump diprediksi bakal terjadi perubahan administrasi dan lainnya, yang kemudian ‘memaksa’ Apple untuk membangun pabrik dan fasilitas perakitan iPhone serta produk Apple lainnya di dalam negeri, tidak di luar AS.
 
Dari informasi sejauh ini, pihak Foxconn sepertinya  bersedia melihat kemungkinan tersebut. Sedangkan pemasok lain seperti Pegatron, masih  menolak. Pegatron mengungkapkan jika rencana pindah itu tidak masuk akal dan bisa memberikan dampak panjang bagi Apple. Pihak Apple pun harus memperhitungkan biaya  produksi, fasilitas, dan investasi lainnya yang pastinya tidak sedikit.

Sampai saat ini Apple belum memberikan kejelasan apakah benar mereka akan memindahkan fasilitas pabriknya  ke AS. Namun jika benar, maka diprediksi  produk-produk generasi mendatang Apple bisa jadi banderolnya lebih tinggi. Pasalnya, menurut salah seorang sumber, biaya produksi iPhone di AS akan dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan saat di Cina. (Nrs/wr)

Sumber: Nikkei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bent Arfa [admin Jualcytotecmisoprostol.com]